Kamis

Belajar SQL 1 : Membuat Database dan Tabel.


Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk share mengenai perintah-perintah pada SQL, dan pada pertemuan pertama ini mengenai SQL saya mencoba untuk membahas mengenai bagaiman cara membuat suatu database dan tabel pada SQL.

Sebelumnya pastikan anda telah menginstall program SQL pada komputer anda, anda bebas untuk menggunakan software apa saja, baik itu sql yang ada di xampp, atau pun SQL yang berdiri sendiri.

Pada pertemuan pertama ini kita akan membahas mengenai cara pembuatan database dengan nama kantor dan juga sebuah tabel pegawai dan tabel jabatan.

  1. Membuat Database.
Database Digunakan untuk menyimpan semua data-data atau tabel-tabel yang dibutuhkan, bentuk umum pembuatan database yaitu :

create database namaDatabase;

Karena kita akan membuat sebuah database dengan nama kantor maka perintahnya adalah :

create database kantor;

Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini :


Database kantor telah berhasil dan untuk dapat menggunakan database kantor tersebut, ketikan perintah berikut ini :

use kantor;
  1. Membuat Tabel Pegawai dan Jabatan.
Sekarang kita akan membuat 2 buah tabel yaitu tabel pegawai dan juga tabel jabatan. Bentuk umum pembuatan tabel adalah :

create table namaTabel (namaField1 type(length), namaField2 type(length), namaField..N type(length), primary key (namaField1));

Sekarang kita buat tabel pegawai terlebih dahulu, dimana dalam tabel pegawai tersebut terdapat field untuk NIP, Nama, Alamat dan NoTelp. Ketikan perintah berikut ini untuk membuat tabel pegawai :

create table pegawai (nip varchar(8), nama varchar(35), alamat text, notelp varchar(12), primary key (nip));



Selanjutnya buat juga sebuah table baru dengan nama jabatan, dimana pada tabel jabatan tersebut terdapat field kode jabatan dan juga nama jabatan. Ketikan perintah berikut ini untuk membuatnya :

create table jabatan (kdjabatan varchar(8), nmjabatan varchar(30), primary key(kdjabatan));


Sekarang kita coba untuk menampilkan tabel-tabel yang telah dibuat tersebut, ketikan perintah sql berikut ini untuk menampilkan tabel-tabel yang ada pada database :
show tables;


Ok sekarang kita telah selesai membuat database dan juga tabel pada mysql, sampai bertemu di tutorial SQL selanjutnya ya.


1 comments

aang saroji 18 Januari 2016 pukul 16.59

Si bimbim ges pinter hebat

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free