Minggu

Pentingnya Komputerisasi Dalam Suatu Perusahaan.

Suatu perusahaan yang baik harus memiliki sistem komputerisasi yang baik pula, yang dimaksud dengan komputerisasi pada suatu perusahaan bukan hanya sudah digunakannya komputer di dalam perusahaan tersebut tetapi sistem pengolahan datanya itu sudah menggunakan komputer, baik penginputan datanya sampai dengan pencetakan laporan yang akan berguna untuk manajemen dalam mengambil keputusan.

Apabila suatu perusahaan telah memiliki suatu sistem komputerisasi yang baik, maka keefisienan dan keoptimalan kerja dari perusahaan tersebut akan lebih mudah di capai. Komputerisasi yang baik juga dapat membantu para manajer untuk mengambil keputusan yang lebih tepat untuk kelangsungan perusahaannya.

Sekarang kita bayangkan jika didalam suatu perusahaan tidak memiliki sistem komputerisasi yang baik. seluruh pekerjaan pengolahan data di perusahaan tersebut masih menggunakan sistem pengolahan data manual, maka keefisienan dan keoptimalan kerja didalam perusahaan tersebut akan sulit dicapai. Misalnya kita ingin mencari data penggajian pegawai bulan kemarin yang memiliki gaji diatas 3 juta, maka kita harus mencari data penggajian pegawai tersebut secara manual dan itupun akan memakan waktu yang lama. Bandingkan jika perusahaan tersebut telah memiliki sistem komputerisasi yang baik, kita hanya perlu memasukan keyword di komputer tersebut lalu komputer akan menampilkan apa yang kita cari dalam waktu yang relatif sebentar.

Berbeda dengan manusia yang akan merasa bosan apabila melakukan pekerjaan yang dilakukan secara terus menerus dan itu-itu saja, komputer tidak akan merasa jenuh dengan apa yang dilakukannya walaupun hal yang dilakukannya itu telah berkali-kali di lakukan. Komputer tetap akan melakukan hal yang telah diperintahkan untuknya sesuai dengan format yang telah diberikan terkecuali jika format perintah tersebut dirubah oleh penggunanya.

Lalu bagaimana jika manajemen di perusahaan tersebut ingin membuat sistem manajemen di perusahaannya menjadi lebih baik namun tidak mengetahui langkah-langkah dalam pembuatannya? Di sinilah peran sistem analis dibutuhkan, sistem analis adalah orang yang berkompeten dalam pembuatan sistem menjadi lebih baik, orang yang bertugas untuk menganalisis sistem pada suatu perusahaan yang membutuhkan jasanya agar sistem di perusahaan tersebut menjadi lebih baik. Pihak manajemen akan memberitahukan sistem yang diinginkan untuk perusahaannya lalu selanjutnya tugas sistem analislah yang akan mengerjakannya.

Oleh karena itu, komputerisasi pengolahan data sangat dibutuhkan oleh seluruh perusahaan agar mecapai keefisienan dan keoptimalan kerja. Walupun untuk membuat suatu sistem komputerisasi yang baik di perusahaan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tetapi hasilnya akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan.

4 comments

Adhi's Blog 21 Desember 2009 pukul 08.03

sip boss, artikelnya bermanfaat bgt. .

My Blog 2 Maret 2010 pukul 09.29

thankz u..

Firdan 4 April 2010 pukul 02.29

thanks juga. sip deh kalo bermanfaat.

Unknown 21 Juni 2016 pukul 13.44

Makasih

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free