Jumat

Menumbuhkan Rasa Semangat Belajar.

Belajar, satu kalimat yang bagi sebagian orang merupakan kegiatan yang amat sangat membosankan, kegiatan yang hanya akan membuat kepala pusing dan hanya membuang-buang waktu. Tapi mau bagaimana lagi kalau kita sebagai siswa ataupun mahasiswa harus belajar untuk meningkatkan kualitas dalam diri kita sendiri sehingga kita siap untuk menghadapi tuntutan masa depan yang semakin ketat persaingannya.

Di sini saya akan mencoba berbagi sedikit pengalaman saya tentang bagaimana cara menumbuhkan rasa keinginan untuk belajar dan menjalaninya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Tanamkan rasa tanggung jawab pada orang tua.
Bagaiamana perasaan orang tua ketika melihat nilai-nilai semester kita amburadul? Pasti orang tua kita akan amat sangat kecewa melihatnya, tujuan orang tua menyekolahkan kita itu agar kita menjadi manusia yang pandai dan memiliki masa depan yang lebih cerah. Orang tua kita banting tulang bekerja siang dan malam sampai-sampai mengesampingkan keinginannya sendiri hanya untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya, apakah kita tega memberikan nilai yang jelek sebagai kompensasi dari segala kerja kerasnya.

2. Tanamkan rasa tanggung jawab pada diri sendiri.
Belajar adalah suatu proses dimana orang yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu tentang ilmu yang sedang dipelajari tersebut. Dengan memiliki ilmu dan skill maka kita akan memiliki kualitas diri dan siap untuk menghadapi tantangan-tantangan di masa depan, apa kita ingin masa depan kita menjadi suram karena kita tidak memiliki skill untuk bekerja di suatu perusahaan. Mungkin sekarang kita masih disuapi oleh orang tua untuk setiap segi kehidupan kita, mulai dari makan, sekolah, uang jajan, bahkan untuk pacaran pun kita masih minta sama orang tua . Oleh Karena itu tanamkan rasa tanggung jawab pada diri sendiri agar kita sadar bahwa tidak selamanya kita bergantung pada orang tua kita, kita harus memiliki tanggung jawab pada masa depan kita sendiri ok.

3. Minat
Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Maka kita harus menumbuhkan minat pada pelajaran yang kita ingin pelajari. Apabila kita telah menyukai suatu pelajaran, maka ilmu yang ingin kita dapatkan dari pelajaran yang kita pelajari tersebut pasti akan lebih mudah kita pahami. Sebaliknya, jika kita tidak menyukai suatu pelajaran tertentu maka dapat dipastikan bahwa kita akan sulit untuk mengerti pelajaran yang tidak kita sukai tersebut, hal ini di karenakan pikiran kita terus-menerus berpikiran negatif tentang pelajaran tersebut. Maka dari itu, berminat / menyukai pelajaran yang akan kita pelajari itu penting agar kita tidak capat merasa bosan pada saat proses belajar berlangsung.

4. Motivasi
Agar dapat merasakan keinginan yang tinggi untuk belajar maka kita juga membutuhkan Motivasi. Motivasi itu bisa apa saja, seperti motivasi untuk menjadi orang sukses, motivasi untuk membahagiakan orang tua, motivasi untuk mendapat nilai yang tinggi di kelas dan sebagainya. Dan jika kita sedang dihinggapi oleh perasaan malas belajar, maka sebaiknya kita mengingat kembali motivasi yang telah kita tetapkan sebelumnya agar kita kembali memiliki semangat untuk merealisasikan apa yang telah menjadi motivasi kita tersebut.

5. Perhatian
Perhatian adalah proses pemusatan pengarahan aktivitas tenaga psikis (pikiran) dan fisik terutama indra dan gerakan tubuh pada fokus tertentu. Maka dari itu pada saat kita sedang belajar maka sebaiknya kita benar-benar memberikan perhatian pada pelajaran yang sedang kita pelajari tersebut, karena apabila kita tidak memberikan perhatian atau fokus pada pelajaran yang sedang kita pelajari, maka pikiran kita akan terpecah belah dan kita pasti akan merasa sulit untuk mengerti pelajaran tersebut dan itu adalah salah satu penyebab kenapa kita tidak menyukai sesuatu yang dinamakan “belajar”.

Ok semoga tips dari saya ini bermanfaat bagi kita semua agar kita memiliki semangat yang meluap-luap dalam belajar, and don’t forget to keep rock in the free world.

3 comments

gembel menarik 27 Desember 2009 15.01

seppp a artikelna.... teruskan....!!!

rudiie (ahmad komaruddin) 12 Juli 2012 21.26

Masih kurang top lah.,

pulsa murah jakarta 1 Maret 2013 19.58

jangan pernah berhenti untuk belajar

Poskan Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.