Minggu

Langkah-Langkah Untuk Proses Belajar Yang Lebih Baik

Sekedar pengen share pengalaman pribadi saja, mungkin artikel ini akan bermanfaat bagi anda semua yang ingin mengetahui tentang bagaimana cara belajar yang baik. Dulu juga saya mengalami yang namanay kesulitan dalam belajar, namun setelah menerapkan langkah-langkah singkat dibawah ini saya merasakan ada perbedaan yang signifikan dalam proses belajar saya.

Ini merupakan intisari dari buku yang saya baca yang berjudul “Jerome Becomes Genius”, selamat mempraktikannya dan semoga anda juga merasakan manfaat dari langkah-langkah singkat di bawah ini.

  1. Makan Sebelum Belajar.

Sebaiknya anda makan terlebih dahulu sebelum anda melakukan proses belajar, karena bagaimanapun juga anda akan sulit untuk berkonsentrasi pada saat anda merasakan lapar. Jangan terlalu banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat pada saat akan melakukan proses belajar, karena karbohidrat yang berlebih dapat membuat anda mengantuk pada saat proses belajar.

Sangat dianjurkan agar anda meminum / memakan sesuatu yang manis-manis, karena makanan yang mengandung zat yang manis dapat membantu otak anda untuk melakukan proses belajar.

  1. Belajar Dengan Suara Gaduh dan Membaca Dengan Cepat.

Mungkin tidak semua manusia menyukai suasana gaduh pada saat belajar, namun sebenarnya suasana gaduh itu dapat membuat konsentrasi semakin tajam dan mampu membuat anda lebih fokus dalam belajar.

Misalnya saja belajar di cafe tempat dimana anda biasa menghabiskan waktu dengan teman-teman anda karena anda hanya pelu berkonsentrasi pada pelajaran yang sedang anda pelajari dan juga bil dari makan yang anda pesan dari cafe tersebut, atau belajar dengan intonasi suara yang keras dan juga membaca dengan cepat pada apa yang sedang anda baca / pelajari, karena dengan intonasi suara yang keras dan membaca dengan cepat, maka anda akan lebih fokus pada apa yang sedang anda pelajari. Sama seperti pada saat anda membawa kendaraan, anda pasti akan lebih fokus pada saat anda membawa kendaraan anda pada kecepatan lebih dari 100 km/jam daripada anda membawa kendaraan anda pada kecepatan 20 km/jam.

  1. Belajar Dengan Teman / Partner Belajar

Dengan ditemani oleh seorang partner belajar dapat membuat anda saling berbagi dengan teman yang menjadi partner anda tersebut, anda saling beradu argument tentang apa yang sedang anda pelajari, anda bisa saling mengoreksi apabila ada yang salah tentang sesuatu yang sedang anda pelajari dan sebagainya.

Dengan memiliki seorang partner-pun akan membuat anda lebih semangat belajar, membuat anda lebih termotivasi dengan apa yang sedang anda pelajari bersama dengan teman anda karena anda juga tidak mau kalah pintar oleh partner anda tersebut.

  1. Membuat Kata Kunci dan Membayangkannya.

Dengan membuat kata kunci lalu setelah itu anda membayangkannya dapat membuat otak anda lebih mudah untuk mengingat, karena cara kerja otak itu akan lebih mudah mengingat sesuatu hal yang sesuai dengan logika. Misalnya saya ingin mengerti arti dari istilah “Algoritma”, dimana definisinya adalah “urutan langkah logis untuk menyelesaikan suatu permasalahan”. Disini saya membuat kata kunci dari kata langkah, logis, menyelesaikan dan permasalahan. Setelah itu saya membayangkan kata kunci itu seperti saya sedang melakukan langkah-langkah yang masuk diakal agar suatu masalah yang sedang saya hadapi dapat ditemukan jalan keluarnya.

  1. Jangan Berhenti Belajar Sebelum Benar-Benar Lelah.

Misal anda menyiapkan waktu untuk belajar dirumah sebanyak 2 jam sehari, namun apabila anda merasakan otak anda mencapai tingkat konsentrasi tertingginya lebih dari waktu 2 jam dari yang telah anda tentukan, maka anda jangan menghentikan dulu proses belajar anda, sebaiknya anda terus melakukan proses belajar tersebut sampai anda merasa bahwa anda telah benar-benar lelah dan juga anda merasa bahwa otak anda sudah tidak sanggup lagi untuk menerima materi pelajaran.

  1. Mengulang Apa Yang Telah Dipelajari

Dengan mengulang materi yang anda pelajari maka anda akan terus ingat materi tersebut setidaknya sampai dua minggu kedepan, namun jika anda tidak mengulang apa yang telah anda pelajari maka anda pasti akan lupa 60% dari materi yang telah anda pelajari tersebut hanya dalam waktu 2 hari. Karena itu melakukan pengulangan sangat penting untuk anda agar membuat anda lebih lama untuk mengingat materi yang telah anda pelajari

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa Keep a Rockin in the Free World.

1 comments

riwanca 22 April 2014 pukul 05.29

baguss..

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free