Jumat

Belajar SQL 4 : Mengupdate Data Pada Tabel.


Pada pertemuan ke-4 ini, kita akan mempelajari tentang bagaimana cara untuk mengupdate atau merubah data yang ada pada tabel pada baris tertentu, misalnya kita ingin merubah alamat dari pegawai yang memiliki nip = 12345678 yang sebelumnya beralamat di jalan potlot, ingin kita ganti dengan alamat yang baru di Depok.

Biar gak bingung kita lihat dulu bentuk umumnya ya tentang bagaimana melakukan proses update pada SQL :

update namaTabel set nama_field_yang_dirubah = 'nilaiBaru' where namaField = 'nilaiField';

Jadi seandainya kita ingin merubah nilai dari alamat yang dimiliki oleh pegawai yang memiliki nip = 12345678 menjadi depok, perintahnya adalah sebagai berikut :

update pegawai set alamat = 'depok' where nip ='12345678';






sekarang kita coba tampilkan kembali data yang ada pada tabel pegawai untuk mengecek apakah data sudah berubah atau belum dengan perintah :

select * from pegawai where nip = '12345678';






Ok sekarang data alamat sudah berhasil di update atau dirubah pada SQL. Sekarang pertanyaannya bagaimana cara agar dapat merubah data alamat menjadi jakarta dan telepon menjadi 0817777777777 sekaligus tanpa harus satu-satu merubahnya? Tenang, kita praktekan sekarang :).

Langsung saja ketikan perintah berikut ini :

update pegawai set alamat = 'jakarta', notelp = '08177777777' where nip = '12345678';




Sekarang coba tampilkan data itu kembali, maka hasilnya akan seperti ini :






Sekarang kita sudah berhasil untuk melakukan proses update pada SQL, mudah bukan cara untuk melakukan proses update pada SQL :). Semoga tutorial belajar sql ke 4 ini mengenai update data pada tabel berguna bagi yang menggunakannya.


0 comments

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free