Rabu

Meningkatkan & Mempertahankan Pengunjung Blog.

Beberapa hari terakhir ini setelah saya jarang buka blog, saya merasakan hal yang aneh dengan traffic pengunjung blog yang saya cintai ini, hehehe. Bisanya page view perhari bisa mencapai 500 sampai 600, sekarang turun drastis menjadi 120 sampai 200. Saya mikir kenapa hal ini bisa terjadi, ternyata setelah ditelaah penyebabnya adalah saya terlalu banyak pasang iklan bidvertiser.

Pertamanya sih tujuan dari pasang iklan bidvertiser banyak-banyak supaya income saya bisa banyak juga, namun ternyata pengaruhnya sangat buruk. Bukan income yang didapat malah traffic yang terus-terusan turun. Mungkin karena pada saat buka blog ini terasa berat karena iklan, para pembaca yang saya cinta memutuskan untuk mengclose blog saya. Akhirnya saya mutusin untuk memangkas iklan bidvertiser sehingga hanya tampil 2 iklan saja.

Ok sekarang saya akan share beberapa tips dan trik bagaimana cara mendapatkan pengunjung blog dan mempertahankannya agar berkunjung terus ke blog saya.

 Buat Artikel Original.
Kegiatan Copas (Copy Paste) materi yang disajikan oleh blog lain merupakan sesuatu yang sangat tidak saya sarankan, karena hal ini dapat membuat blog kita di black list sebagai blog plagiat dan hal ini juga tidak disukai oleh om google. Maka sebaiknya buat blog seoriginal mungkin dan hasil karya sendiri.

 Buat Artikel Berseri.
Banyaknya artikel berseri yang saya buat di blog ini juga merupakan salah satu faktor blog ini bisa mencapai page view yang lumayan. Misalnya saya membuat artikel mengenai belajar java, dan artikel tersebut saya buat berseri terus menerus. Hal ini bisa membuat pembaca yang sedang mencari tutorial mengenai belajar java bisa membuka postingan-postingan saya yang lainnya yang membahas mengenai java. Jadi misalnya di blog saya ada 5 tutorial java berseri, maka satu pengunjung kemungkinan bisa membuka 5 page view. Kalo ada 5 orang yang mencari tutorial java, maka kemungkinan 25 pageview akan kita dapatkan.

 Rajin-Rajin Posting.
Blog yang diposting secara terus menerus juga bisa menjadi faktor untuk mempertahankan pengunjung. Pengunjung akan sering berkunjung ke blog kita karena selalu ada materi fresh yang diberikan, apalagi materi yang diberikan dapat membuat pengunjung penasaran mengenai lanjutan materinya. Bayangkan jika blog yang kita miliki jarang di update. Pengunjung juga pasti males balik lagi.

 Menjawab Pertanyaan.
Di blog yang saya miliki ini, saya menuliskan banyak tutorial mengenai programming. Dan banyak juga pembaca yang memberikan komentar pertanyaan pada materi-materi tutorial yang saya berikan dan sebisa mungkin saya akan memberikan jalan keluar atas apa yang mereka tanyakan. Logikanya, jika ada pengunjung yang mengajukan pertanyaan pada bagian komentar, pasti pengunjung tersebut akan datang lagi untuk memastikan apakah pertanyaan yang dia ajukan sudah mendapatkan jawaban.

 Konten Adalah Raja.
Sekali lagi konten atau isi materi yang kita berikan adalah raja, jadi buat postingan sebaik mungkin dan juga memiliki kualitas yang tinggi sehingga pembaca dapat merasa nyaman saat membaca mengenai postingan yang kita buat.

Itulah tips n trik yang dapat saya bagikan kepada pembaca semua mengenai bagaimana cara mempertahankan dan meningkatkan pengunjung blog. Langkah-langkah tersebut telah saya terapkan dalam kehidupan saya dalam menjalani kegiatan blogging ini, walaupun trafficnya belum terlalu tinggi tapi lumayanlah. Apalagi ini cuma blog seorang firdan, bukan blog artis ataupun blog orang terkenal. Selamat mencoba, semoga tips ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

0 comments

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free