Kamis

Belajar VB.Net Bagian 12 : Check Box

Sekarang kita akan mempelajari mengenai penggunaan dari pada controller check box pada visual basic.net. pada contoh ini penggunaannya masih dasar banget maksudnya sih biar nanti pas udah buat aplikasi yang sedikit komplek dan ngebutuhin controller CheckBox kita udah gak kaku lagi.

Ok sekarang langsung buat aja sebuah project baru terus kasih nama tut11, abis itu tambahin 4 buah CheckBox sama 1 Button, untuk name dan juga text terserah pembaca mau isi apa, kalo di tutorial ini saya kasih nama-nama band untuk textnya.

Klo udah sekarang klik 2 kali tombol button nya terus klik code program seperti dibawah ini :

Public Class Form1

    Private Sub btnOk_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles btnOk.Click
        If chkNirvana.Checked = True Then
            MsgBox("Band Favorit Kamu Adalah Nirvana")
        End If
        If chkGnr.Checked = True Then
            MsgBox("Band Favorit Kamu Adalah Guns n Roses")
        End If
        If chkSlank.Checked = True Then
            MsgBox("Band Favorit Kamu Adalah Slank")
        End If
        If chkBip.Checked = True Then
            MsgBox("Band Favorit Kamu Adalah BIP")
        End If
    End Sub
End Class

Nah pada tutorial belajar visual basic.net sebelumnya kan kita udah pernah ngebahas mengenai kondisional if, jadi sekarang udah pada ngerti kan maksud dari kondisional if itu buat apa. Mungkin yang harus diperhatikan itu Cuma pas bagian checkboxnya aja, diatas ada code chkNirvana.checked = true, maksudnya kalo chekcbox nirvana itu di pilih sama user maka kondisional tersebutlah yang akan dieksekusi.

Dan juga kenapa code diatas pake if satu-satu, kenapa gak pake if... elseif... aja biar simple? Tujuannya supaya kalo ada checkbox yang di pilih lebih dari satu maka pilihan yang lainnya juga ikut dieksekusi. Karena kalo pake if... elseif... itu Cuma satu doank yang bakalan dieksekusi.

Sekarang coba jalanin aplikasi, output aplikasinya akan seperti gambar dibawah ini :


Ok udah selesai pembahasan mengenai penggunaan checkBox yang masih sangat sederhana ini, semoga tutorial belajar visual basic ini dapat berguna bagi pembaca. Sampai jumpa pada tutorial belajar visual basic berikutnya ya.

1 comments

nowoputro 8 April 2014 pukul 10.32

Untuk program di atas saya resa lebih tepat pake RadioButton, karena pilihannya hanya satu. sedangkan kalau pakai checkbox kita bisa milih lebih dari satu. apakah ini tidak bikin rancu outputnya?

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free