Sabtu

Belajar VB.Net Bagian 1 : Berkenalan Dengan IDE Visual Basic.Net


Sebelumnya bukannya sok-sokan bikin tutorial mengenai visual studio, tapi faktor tuntutan kerja dimana saya harus menggunakan visual studio sebagai bahasa pemrograman. Maka sekalian saja saya bikin tutorialnya selama saya belajar visual studio, jadi kalo misalnya ada yang lupa tinggal buka blog sendiri. Tapi semoga tutorial visual studio yang nantinya akan saya share juga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Pada pertemuan pertama ini pada tutorial belajar visual basic.net kita akan berkenalan dulu dengan IDE (Integrated Development Environment) yang ada pada Visual Basic.Net 2012. Sebenernya kalo pembaca menggunakan visual studio 2010 ataupun 2008 IDE nya tidak terlalu berbeda dengan Visual Studio 2012.

1.       Toolbox
Toolbox berfungsi untuk menampilkan item atau controller yang dapat ditambahkan pada aplikasi atau project visual studio yang sedang kita buat. Didalamnya terdapat beberapa controller seperti Button, Check Box, Combo Box dan sebagainya.













2.       2. Design View
Design View merupakan bagian untuk melakukan pengaturan tampilan aplikasi yang sedang dibuat, kita dapat menambahkan beberapa controller yang ada pada toolbox kedalam design view.













      3. Windows Code
Windows Code merupakan bagian dari visual studio yang dapat digunakan untuk menuliskan coding program.

4.       4. Windows Properties
Windows Properties digunakan untuk merubah atau menambahkan nilai pada suatu obyek dan dapat juga digunakan untuk menambahkan atau mengubah event pada obyek yang dipilih.















5.       5. Menu Bar
Menu bar merupakan kumpulan perintah-perintah yang ada pada visual studio, dimana menu dikelompokan berdasarkan fungsinya masing-masing seperti File, Edit, View, Project dan sebagainya.
6.         
      6. Tool Bar
Toolbar merupakan kumpulan tombol-tombol yang berfungsi sebagai shortcut atau jalan pintas dari perintah-perintah yang ada pada menu dan biasanya tombol-tombol yang ada pada tool bar merupakan menu yang paling sering digunakan.

0 comments

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free