Kamis

Tragedi Black Death Di Eropa (1347-1351)



Tidak ada yang tahu persis mengapa tragedi Black Death di Eropa bisa terjadi, tetapi pada 1320-an atau awal 1330-an akhir, suatu penyakit pes pecah di gurun Gobi China. Penyakit Pes ini di sebarkan oleh kutu-kutu yang ada pada tikus. Tidak butuh waktu lama untuk penyakit ini dapat mencapai Eropa.
Pada bulan Oktober 1347, sebuah kapal Genoa armada kembali dari Laut Hitam, kapal ini telah melakukan proses perdagangan dengan China, kapal Genoa armada ini mendarat di Messina, Sisilia. Namun sebagian besar dari mereka yang menjadi awak di kapal tersebut sudah mati, dan kapal diperintahkan keluar dari pelabuhan.

Namun semua itu sudah terlambat. Kota segera dijangkit dengan penyakit sampar, dan dari sana, penyakit ini cepat menyebar di sepanjang rute perdagangan utara - melalui Italia dan seluruh benua Eropa. Pada musim semi berikutnya, telah mencapai sejauh utara Inggris, dan dalam waktu lima tahun, penyakit ini telah membunuh 25 juta orang - sepertiga dari penduduk Eropa.
Wabah pes disebabkan oleh bakteri yang disebut Yersinia pestis dan ditandai dengan menggigil, demam, muntah, diare, dan pembentukan bisul hitam di ketiak, leher, dan pangkal paha. Meskipun penyakit ini awalnya disebut "Kematian Besar" dan "Sampar Besar," nama "Black Death" akhirnya diadopsi karena bisul hitam yang terjadi akibat wabah pes, yang berasal dari warna darah kering di bawah kulit yang disebabkan oleh pendarahan internal.
 Kedokteran kontemporer telah mampu memberikan penjelasan untuk penyakit ini, namun sebagian besar dokter takut untuk menawarkan pengobatan.  Dalam upaya untuk menjaga agar tidak terinfeksi, dokter yang berani mengambil risiko mengenakan topeng kulit dengan kaca mata dan paruh yang panjang penuh dengan bumbu dan rempah-rempah yang dianggap dapat menangkal penyebaran penyakit.  
Bahkan jika satu orang dalam satu keluarga telah menunjukan gejala-gejala penyakit ini, maka seluruh keluarga harus di karantina selama 40 hari guna membatasi penyebaran penyakit tersebut.





0 comments

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free