Jumat

Mengembalikan GRUB Ubuntu 12.04 Yang Hilang / Error.


Semalem saya ngotak-ngatik tentang bagaimana melakukan instalasi OS Android di laptop, dan sebelumnya didalam laptop saya sudah ada 2 OS lain sebelum OS andoroid di install, yaitu os Ubuntu 12.04 dan juga Windows 7.

Setelah proses instalasi os Android selesai, saya restart laptop saya, namun setelah masuk kedalam menu grub, ubuntu 12.04 saya tidak ada didalam menu grub tersebut, yang ada cuma menu untuk os android dan juga os windows 7. Tanpa pikir panjang, langsung saja saya membuat live cd ubuntu 12.04 (yang pada saat tulisan ini dibuat masih versi RC) melalui flashdisk.


Setelah live cd berhasil dibuat, sekarang kita masuk kedalam os ubuntu live cd tersebut lalu langsung saja buka terminal dan masuk sebagai root dengan perintah sudo su. Selanjutnya ketikan fdisk -l untuk mengetahui dimana kita menginstall os ubuntu 12.04.

Pada kasus ini, ubuntu saya berada di /dev/sda5. Setelah itu langsung saja ketikan perintah mount /dev/sda5 /mnt. Perhatikan mengapa saya menggunakan sda5, karena itu merupakan partisi dimana saya menginstall ubuntu 12.04. Jika berdasarkan hasil dari langkah sebelumnya partisi tempat anda menginstal ubuntu 12.04 bukan di sda5, maka tinggal diganti dengan partisi dimana anda menginstal ubuntu.

Setelah proses mount selesai, selanjutnya kita install grub ubuntunya dengan perintah grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda. Jika proses instalasi selesai maka proses tidak akan menunjukan pesan error.

Bila pusing, silahkan lihat gambar dibawah ini, gambar ini merupakan proses dari pengembalian grub ubuntu 12.04 yang hilang :


 
Restart komputer anda dan, wala Ubuntu 12.04 sudah kembali ada di grub.

Tutorial ini dibuat setelah grub saya kembali, makanya pas jadi root ada username saya, tapi jika anda menggunakan live cd juga caranya sama saja dengan diatas, karena saya menggunakan cara tersebut untuk mengembalikan grub ubuntu 12.04 saya yang hilang.

2 comments

rijaalfa 2 Juni 2012 pukul 18.38

bisa nih dicoba, thanks tutornya,

Didikz 4 Juni 2012 pukul 23.56

wah ternyata cara lama masih bisa dipake.

nice post!

Tekno Muslim

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free