Senin

Komunikasi Manusia & Komputer


Interaksi manusia dan komputer (Human-Computer Interaction) merupakan salah satu sub bidang ilmu komputer yang mengkaji komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem. Sistem yang dimaksud bukan hanya sistem yang ada pada komputer saja, tetapi juga sistem yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti sistem kendaraan,peralatan rumah tangga dan lain sebagainya.

Pada dasarnya komputer adalah alat yang sangat bodoh, namun manusia mampu membuatnya menjadi cerdas. Manusia telah memberikan dan memasukan berbagai perintah kedalam komputer sehingga komputer itu mampu melakukan berbagai perintah yang diberikan manusia. Jika tidak ada campur tangan manusia, maka komputer itu hanya sebuah benda mati.

Pada zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, komputer mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dan juga hampir semua bidang pekerjaan telah menggunakan komputer. Misalnya bidang perbankan, transportasi, pendidikan, pemerintah, perdagangan, militer dan sebagainya

Tujuan dari ilmu Interaksi Manusia dan Komputer sendiri adalah untuk meningkatkan interaksi antara user dengan komputer dan menghilangkan batasan atas apa yang diinginkan oleh user sehingga komputer dapat melakukan tugas yang diberikan oleh user tersebut.

Dengan begitu, hal ini membuat komputer menjadi lebih berguna dan dapat melakukan semua tugas yang diberikan oleh user, sehingga memudahkan user dalam menyelesaikan tugasnya.

Secara rinci, IMK berkaitan dengan :

¨ Metodologi dan proses untuk mendesain sistem/software.

¨ Metodologi untuk menerapkan sistem/software.

¨ Teknik untuk mengevaluasi dan membandingkan sistem/software.

¨ Mengembangkan sistem/software baru dan teknik interaksi yang digunakan.

Penelitian-penilitian yang dilakukan terhadap IMK, lebih menitik beratkan pada pengembangan desain baru, melakukan eksperimen terhadap hardware/teknolologi baru, meniru sistem software baru, menjelajah paradigma baru tentang interaksi, dan mengembangkan model dan teori-teori tentang interaksi.

Referensi :

http://en.wikipedia.org/wiki/Human-computer_interaction

sudarmawan, ST,MT dan Dony Ariyus. 2007. Interaksi Manusi & Komputer, Andi Offset, Yogyakarta

0 comments

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free