Rabu

NILAI DATA

Dr. Marseto Donosepoetro dalam bukunya yang berjudul “Data sebagai penghubung manusia dengan lingkungan hidupnya” menyatakan bahwa suatu data yang bernilai harus memiliki 3 buah criteria, yaitu :

a. Ketelitian Data (Precision)

Ketelitian suatu data di tentukan oleh kecilnya perbedaan, apabila observasi yang menghasilkan data itu diulangi. Contoh : Apabila seorang penjual perhiasan mengatakan kepada calon pembeli bahwa cincin mas yang akan dibelinya seberat 15 gram, maka dia pernah menimbangnya dengan alat yang sama. Ketelitian suatu data juga ditentukan oleh persamaan data yang dihasilkan oleh beberapa sumber yang melakukan suatu observasi yang sama.

b. Komparabilitas Data (Comparability)

Suatu alat timbang yang secara berulang ulang menunjukan hasil yang sama belum tentu memberikan data yang benar. Alat tersebut mungkin belum di standarisasikan. Suatu pengukuran pada hakekatnya dilakukan dengan cara membandingkan sesuatu terhadap sesuatu standar.

c. Validitas Data (Validity)

Suatu data dapat saja memiliki kualitas yang baik, tapi belum tentu valid atau berguna, jika tidak menunjang tujuan si pemakai. Jumlah kendaraan roda 4 di Indonesia mungkin saja bisa diketahui jumlahnya dengan melalui data yang ada pada kantor kepolisian dan data tersebut bukan tidak mungkin benar. Akan tetapi untuk membuat suatu perkiraan berapa panjang jalan raya di Indonesia yang dipakai kendaraan roda empat, untuk menentukan biaya perawatan jalan tersebut, data tersebut tidak berguna sebab antara yang satu dengan yang lain tidak terdapat korelasi.

0 comments

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free