Kamis

Jaringan Wireless


wireless sangat cocok dan banyak digunakan untuk menggantikan kabel-kabel mouse, kabel jaringan LAN (Local Area Network) dan bahkan kabel WAN (Wide Area Network). Teknologi yang digunakan untuk masing-masing kebutuhan pun berbeda-beda sesuai dengan jarak tempuh yang mampu ditanganinya.

Secara kasar, semakin jauh daya jangkau wireless, semakin tinggi pula kebutuhan daya dan semakin canggih teknologi yang digunakan, semakin tinggi pula kebutuhan hardwarenya.



Jaringan wireless mempunyai karakteristik yang berbeda dengan jaringan fisik yang menggunakan kabel. Pada jaringan wireless, yang menentukan jauh tidaknya sebuah jaringan tergantung dari kekuatan signal yang dipancarkan. Jadi mungkin saja pada jarak 50m, komputer A bisa terhubung dengan jaringan wireless sementara komputer B tidak bisa. Hal ini disebabkan oleh kemampuan antena dari komputer A dan komputer B.

Untuk meningkatkan kemampuan ataupun jarak tempuh jaringan wireless, kita bisa menaikan power atau daya listrik yang digunakan, namun cara ini dibatasi oleh pemerintah. Cara yang sering digunakan adalah dengan menaikan atau menggunakan antena dengan kemampuan yang lebih tinggi. Dengan antena ini kemampuan menangkap sinyal menjadi lebih kencang dan kuat, otomatis hal ini akan meningkatkan jarak tempuh jaringan wireless.


0 comments

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free