Rabu

Tutorial PHP 7 : Do-Loop



Sekarang kita akan coba untuk mempelajari perulangan dengan cara do-loop, buat sebuah projek PHP baru lalu ketikan script PHP seperti pada Script dibawah ini :

 

Logika dari script di atas adalah PHP akan menambahkan satu nilai kepada variabel number, dimana perulangan penambahan nilai tersebut akan dilakukan jika variabel number tersebut lebih kecil dari 10. Untuk output pada latihan PHP do-loop kita bisa lihat pada gambar dibawah ini :

 
Mungkin anda bertanya, mengapa nilai output pertama yang ditampilkan adalah angka 2 bukan angka 1? karena sebelum kita menuliskan script echo $number.”
”, kita telah melakukan penambahan nilai pada variabel number yaitu dengan script $number++;.

Sekarang kita akan mencoba mengganti nilai dari whilenya. Jika sebelumnya bernilai 10, sekarang kita ubah menjadi 0. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat script dibawah ini :

Maka output yang didapat adalah seperti pada gambar dibawah ini :
 

Mungkin anda kembali bertanya, mengapa output yang ditampilkan hanya angka 2, tidak seprti output sebelumnya yang menampilkan angka sampai 10? Hal ini dikarenakan kita mendefinisakan perulangan akan dilakukan jika nilai variabel number tersebut bernilai lebih kecil dari 0, sedangkan nilai variabel number itu sendiri setelah dilakukan penambahan nilai memiliki nilai 2. Maka otomatis perulangan tidak akan dilakukan karena tidak memenuhi persyaratan.

Semoga tutorial ini bermanfaat, dan jangan lupa. Keep a rockin in the free world!!!.

0 comments

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free