Sabtu

Menginstall Java di openSUSE 11.4

   

Dalam melakukan instalasi JDK (Java Developer Kit) di openSUSE harus menggunakan beberapa teknik tersendiri (caelah bahasanye...), karena openSUSE 11.4 telah menyertakan JDK tersendiri yaitu openJDK. Sebenarnya fungsi openJDK dengan JDK itu sama saja, namun entah mengapa saya
lebih menyukai JDK :).

    Untuk memulai instalasi JDK di openSUSE 11.4 pertama pastikan anda telah memiliki software instalasi JDK, atau jika anda tidak memiliki software tersebut maka anda dapat mendownloadnya di sini.

Setelah download selesai, selanjutnya kita lakukan instalasi terhadap software JDK tersebut, disini software JDK tersebut saya simpan di folder /opt, maka kita masuk dulu kedalam folder opt tersebut dengan perintah:

cd /opt

Maka ketikan perintah di konsole anda :

sh jdk-6u25-linux-i586.bin

Setelah proses unpacking selesai, maka periksa selanjutnya periksa java yang anda gunakan dengan perintah :


java -version

Maka akan keluar informasi mengenai jenis JDK yang kita gunakan seperti gambar dibawah ini


java version "1.6.0_25"
Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.6.0_25-b06)
Java HotSpot(TM) Server VM (build 20.0-b11, mixed mode)


Namun jika jenis dari java yang anda install tidak seperti diatas, maka kita harus memaksa linux kita untuk menggunakan java yang baru kita install. Caranya :
hapus file java yang terdapat di folder /usr/bin/java lalu ketikan :


ln -s /opt/jdk/bin/java /usr/bin/java

setelah itu cek ulang versi java yang digunakan, pasti sudah menggunakan versi java yang anda install. Selamat mencoba dan Keep a Rockin in the Free World

4 comments

Anonim

maaf mas, saya msh nubie ney di dunia linux, terutama opensuse. saya sudah install jdk update 24 tp koq setelah di chek java versionnya masih :

java version "1.6.0_20"
OpenJDK Runtime Environment (IcedTea6 1.9.7) (suse-1.2.1-x86_64)
OpenJDK 64-Bit Server VM (build 19.0-b09, mixed mode)

trus saya cb script yg

ln -s /opt/jdk/bin/java /usr/bin/java

tp tetap sama hasilnya.

tolong bantuannya mas, thanx

Firdan 21 Juni 2011 pukul 12.56

sebelumnya folder java yang ada di /usr/bin/java di hapus dulu mas.

mas ngeinstall javanya di folder /opt bukan? klo bukan, mas harus sesuaikan folder dimana mas ngeinstall java, klo tutorial diatas kan saya ngeinstallnya di folder /opt, jadi pas nulis script ln -s nya ditujukan ke folder dimana saya ngeinstall javanya.

klo semua udah dilakuin coba mas jajal restrart linuxnya.

semoga bisa membantu mas :)

Anonim

oke mas.... sudah berhasil setelah di restart....
thanx buat tutorialnya :)

mas, saya ada kesulitan install oracle10g di linux opensuse 11.4.

punya tutorialnya nggak mas?

Firdan 21 Juni 2011 pukul 16.26

dulu saya pernah belajar oracle juga mas tapi udah agak2 lupa :P, klo gak salah oracle harus di configurasi dulu di /etc/init.d/oracle-xe setup
nanti setting username & password oraclenya disana. coba di telusuri ya mas, soalnya saya juga agak2 lupa. Keep rockin...

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free