Rabu

Sistem Pakar

Pengertian Sistem Pakar

Sistem pakar adalah suatu program komputer yang didesain untuk pemodelan atau mengemulasi kemampuan seorang pakar dalam memecahkan suatu masalah.

Sistem pakar dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dimana biasanya akan membutuhkan seorang pakar. Sistem pakar menghasilkan hasil yang konsisten dan mempunyai kecepatan yang konstan daripada kepakarang seseorang.

Sistem Pakar apabila ditinjau dari beberapa aspek,antara lain:

· Implementasi kecerdasan sang pakar berbasis kode program komputer (code base skill implemetation), menggunakan teknik-teknik tertentu dengan bantuan database ataupun tidak.

· Suatu bidang dari ilmu kecerdasan buatan dalam kaitannya dengan sistem pendukung keputusan yang dirancang dengan memasukkan unsur-unsur keahlian dari satu atau beberapa orang pakar kedalam suatu konsep terprogram (code base concept) dalam rangka pengambilan keputusan.

· Menurut Marimin (1992), sistem pakar adalah sistem perangkat lunak komputer yang menggunakan ilmu, fakta, dan teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh tenaga ahli dalam bidang yang bersangkutan.

Untuk lebih jelasnya silahkan download disini.

0 comments

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free