Selasa

Mengamankan Komputer Dari Virus



Mungkin beberapa diantara kita pernah dibuat pusing oleh virus komputer, mulai dari virus yang bersifat merusak ataupun virus yang hanya di buat untuk tujuan iseng-iseng saja atau bahkan kita pernah terkena virus yang sampai sampai kita harus menginstall ulang komputer kita. Berdasarkan beberapa pengalaman saya sendiri, ada beberapa hal yang harus di perhatikan agar komputer kita terbebas dari serangan virus. Mungkin tidak terlalu mujarab, tapi tidak ada salahnyakan untuk di coba :p.

1. Menggunakan anti virus

Dengan menggunakan anti virus setidaknya kita akan merasa sedikit nyaman karena ada sistem yang memproteksi komputer kita dari serangan-serangan virus ataupun malware. Sehingga apabila ada script yang dianggap dapat merusak sistem komputer kita maka anti virus ini akan memblock semua kegiatan dari script tersebut.

2. Mengupdate anti virus.

Kita harus selalu mengupdate anti virus, Karena para pembuat virus itu selalu berada satu langkah di depan daripada anti virus. setidaknya dengan kita mengupdate anti virus yang kita miliki, anti virus kita menjadi lebih siap untuk menghadapi virus-virus baru yang selalu berkembang setiap harinya.

3. Hati-hati saat berinternet

Internet merupakan tempat dimana virus itu menggandakan atau menulari diriny dengan komputer kita, maka dari itu berhati-hatilah saat anda berinternet ria. Misalnya pada saat kita membuka suatu halaman web, lalu halaman web tersebut meminta kita untuk menginstall sesuatu maka sebaiknya jangan kita lakukan. Karena bisa jadi file instalasi tersebut merupakan sebuah virus.


4. Men-scan file yang di download

Internet merupakan gudangnya informasi, mungkin beberapa dari kita sering mendownload beberapa file gratisan yang ada di internet seperti Mp3, software, video dsb. Maka ada baiknya kita selalu menscan file yang kita download tersebut dengan antivirus kita (tentu saja antivirus yang up to date). Karena bisa jadi file-file yang kita download tersebut sudah di susupi oleh sebuah virus atau program jahat lainnya.


5. Hati-hati menerima email.

Berhati-hatilah saat kita menerima email yang memiliki ekstensi .EXE, .VBS, .BAT. karena bisa jadi itu merupakan program jahat yang ditujukan kepada kita, apalagi bila yang mengirim file tersebut adalah orang asing maka patut kita waspadai keamanannya.


6. Mencari informasi tentang keamanan sistem terbaru

Ada baiknya kita selalu mencari-cari informasi mengenai suatu keamanan sistem yang baik, karena semakin maju teknologi yang kita miliki, maka akan semakin keras dan unik juga serangan-serangan yang dilakukan oleh para cracker tersebut.

Sekian dahulu untuk pertemuan kali ini, dan semoga saja artikel ini dapat membantu anda untuk mengamankan sistem komputer anda sehingga bebas dari virus. keep a rockin in the free world.

0 comments

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free