Senin

Berkenalan Dengan Raspberry Pi.


          
          Raspberry Pi (RasPi) merupakan sebuah Single Board Computer (SBC) yang memiliki ukuran sebesar kartu Kredit, Raspberry Pi ini merupakan sebuah komputer mini yang dikembangkan oleh Yayasan Raspberry Pi yang bertempat di UK (United Kingdom). Pada awalnya Raspberry Pi ini dikembangkan untuk memicu proses pengajaran ilmu komputer dasar di sekolah-sekolah dengan biaya yang minim.

Dalam Raspberry Pi ini sudah dilengkapi dengan prosesor ARM1176JZF-S 700 MHz, RAM sebesar 256 MB dan juga sebuah GPU VideoCore IV. Dan untuk penyimpanan data, Raspberry Pi tidak menggunakan Hard Disk namun Raspberry Pi dapat menggunakan SD Card untuk menyimpan data, baik itu data Operating System ataupun untuk media penyimpanan data jangka panjang.

Komputer mini ini sendiri terdiri dari 2 versi, yaitu Raspberry PI model A dan Raspberry PI model B. Untuk Raspberry Pi model A dibandrol dengan harga US$ 25 dan untuk Raspberry model B dibandrol dengan harga US$ 35. Lalu apa perbedaan yang ada pada Raspberry Pi model A dan Raspberry Pi model B?

Untuk Model A dan Model B memiliki spesifikasi yang sama dalam hal SoC, GPU, CPU, SDRAM, Output Video dan Audio. Yang membedakannya adalah pada Raspberry Model B terdapat 2 buah USB HUB, sedangkan pada Model A hanya terdapat 1 buah USB HUB. Raspberry Pi Model B telah dilengkapi dengan Slot RJ45 (10/100 Ethernet) yang dapat digunakan untuk jaringan internet. Dan untuk daya kedua model ini memiliki Daya yang berbeda, yaitu 300 mA (1.5 W) untuk model A dan 700mA(3.5 W) untuk model B.

Biar lebih jelas lagi mengenai hardware apa saja yang sudah ada di Raspberry Pi ini, kita perhatikan gambar berikut ya.
Keterangan :
  • SD Card Slot = slot untuk memasukan SD Card (Sebagai media penyimpan data).
  • RCA Video Out = Port untuk menghubungkan ke Analog TV (PAL).
  • Audio Out = Port untuk audio.
  • USB 2.0 = digunakan untuk slot USB (dipake buat keyboard dan Mouse).
  • Ethernet Out = Digunakan untuk menghubungkan jaringan internet.
  • HDMI Out = Port HDMI.
  • Micro USB Power = digunakan sebagai port power pada raspberry (Bisa menggunakan charger hp untuk mengisi daya).
Mantap bukan si “komputer mini” ini? Dengan spesifikasi seperti diatas diharapkan Raspberry Pi ini dapat digunakan sebagai media untuk mempelajari komputer bagi anak-anak tingkat sekolah dengan harga yang terjangkau. Ngomong-ngomong masalah harga, sekarang kita lihat gambar berikut ini untuk mengetahui berapa kira-kira harga yang harus dikeluarkan agar Raspberry Pi ini bisa digunakan :
 
  • -          Total harga Keyboard dan Mouse adalah $10.
  • -          Monitor LCD $60
  • -          SD Card $5
  • -          Raspberry Pi Model A $25 (Untuk model B tinggal ditambah $10).

Jadi kalo di total-total harga keseluruhannya hanya $100!!! Atau kira-kira sebesar  956.900 Rupiah (berdasarkan kurs Rupiah - Dollar per tanggal 1 Oktober 2012 = Rp 9.569). Gimana gan, mantap bener kan. Tapi sayangnya sampai saat ini saya masih kesulitan buat ngedapetin Raspberry Pi ini, karena jumlah produknya yang masih belum begitu banyak dan juga keterbatasan pada saat pemesanan. Ok sampai bertemu lagi di artikel berikutnya gan, tetep pantengin blog ane ya gan J.

0 comments

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free