Sabtu

Pengalaman Sidang Kompre Gunadarma.

                Wah dah lama banget nih blog gak di update, maklum gan gua lagi sibuk ngafalin beberapa matakuliah buat sidang kompre di kampus tercinta gua, Gunadarma. Sekarang gua mau share pengalaman gua mengenai sidang kompre di universitas Gunadarma.

                Berangkat dari kosan jam 5:30 pagi sama temen gua yang namanya Afi & Yogi. Kira-kira sampe di kampus gunadarma kampus A di daerah kenari sekitar jam 06:15. Gak lupa sebelum sampe kampus gua sarapan bubur dulu sama anak-anak, karena gua pikir semangkok bubur akan memberikan sebuah kontribusi yang baik waktu sidang nanti.

                Nah sekarang gua share teknik-teknik biar pas nunggu jadwal sidang di kampus A gunadarma lebih optimal dan gak bikin capek.

                Pas baru datang di kampus gunadarma, usahain jangan nongkrong-nongkrong dulu di depan gedung, lebih baik lo langsung masuk aja ke dalem terus nunggu di depan pintu ruangan yang nantinya bakalan dipake buat ngambil foto, setiap mahasiswa yang mau sidang wajib di foto dulu jadi kalo gak buru-buru nunggu di depan pintu ruangan, antrian buat ngambil foto bisa gila-gilaan panjangnya. Tempat ruangannya setelah lo masuk gedung lurus aja sampe mentok, kalo dah mentok tuh ruangan ada di sebelah kanan pas posisi lo masuk.

                Abis di foto lo bakalan di suruh naik ke lantai 5, dimana tempat briefing atau pengarahan tata cara sidang dilakukan. Nah pas masuk ke ruangan briefing, pilih tempat duduk yang paling depan, biar gak ribet nantinya pas di kasih kartu buat sidang dan tetek bengek lainnya. Nunggu disini juga agak lama, briefing dimulai kalo semua mahasiswa yang daftar sidang udah selesai difoto dan itu makan proses kira-kira 1 jam. Jadi mendingan lo taro aja tas di tempat duduk yang paling depan terus keluar ruangan biar bisa ngeroko :).

                Pas briefing dimulai, dimulai proses pengarah dari para dosen dan setelah itu nanti nama-nama peserta sidang bakal dipanggil satu-satu buat nyerahin data-data sidang kaya foto, foto copy ktp dan ijazah. Terus nanti peserta sidang juga bakalan dikasih foto copy yang berisi data dosen penguji berdasarkan nama mahasiswa dan juga kartu ujian sidang yang nantinya bakalan dikasih ke dosen penguji.

                Dosen yang nerangin masalah briefing bakalan absen satu-satu mahasiswa lagi buat nentuin mahasiswa itu bakalan melakukan proses sidang di lantai berapa, nah lantainya ini ditetapkan berdasarkan nama dosen penguji mahasiswa tersebut. Kebetulan pas sidang gua dapet dosen ibu Febriani, Pak Bambang Wahyudi dan bu Dyan Pratiwi, dan lantai tempat gua sidang itu di lantai 2.

                Abis itu langsung aja gua ke lantai dua terus pas di lantai dua gua harus ngisi daftar absen dulu, nah urutan absen disini yang nentuin peserta sidang bakalan maju di nomer yang keberapa pas sidang berlangsung, dan sialnya gua kebagian yang nomer satu.

                Setalah nunggu beberapa saat, nama gua dipanggil disuruh masuk kedalam ruangan. Dan didalam ruangan itu udah ada dosen penguji yang sebelumnya udah gua sebutin namanya. Pas baru masuk langsung aja gua kasih kartu sidang yang tadi di kasih pas briefing.

                Ok sekarang kita masuk ke proses sidangnya ya, pertanyaan pertama gua ditanya sama bu Dyan tentang matakuliah apa aja yang gua sidangin hari ini, langsung aja gua jawab dengan lancar matakuliah kompre paket 3 yang gua pilih yaitu Interaksi Manusia & Komputer, Ananlisis & Perancangan Sistem sama Sistem Basis Data 2. Abis itu si ibu nanya lagi keterhubungan 3 matakuliah ini apaan terus gimana cara ngehubunginnya, gua jawab dengan sangat terbata-bata dan juga sempet bengong beberapa detik buat mikirin jawabannya, nah selama proses ngelamunnya gua mikirin jawaban itu gua dibantai sama Ibu Dyan. Setelah proses yang lumayan lama itu buat jawab pertanyaannya, akhirnya si ibu membenarkan jawaban yang gua kasih.

                Selanjutnya gua dilempar ke pak Bambang mengenai Basis Data, bapak yang satu ini gak pernah natap mata gua pas ngasih pertanyaan, hal ini bikin gua ngedown banget deh pokoknya. Pak Bambang Cuma nanya definisi mengenai data dan informasi, perbedaan basis data dengan file tradisional dan kelebihan dan kekurangan basis data. Nah jebakan mungkin ada disini, kalo lo jawab pengertiannya doank kaya yang gua lakuin, pak Bambang gak bakalan mau, beliau meminta informasi yang lebih detail dan kongkrit lagi mengani pertanyaan-pertanyaannya tersebut. Nah dibagian ini gua abis dibantai sama pak Bambang ini.

                Terakhir gua di tes sama Ibu Febriani, asli ini dosen baik banget. Ibu Febriani Cuma nanya pengertian dan penerapan ergonomi. Terus Ibu Febriani ini juga nanya waktu matakuliah IMK apa pernah gua disuruh bikin system? gua jawab pernah, dan pada waktu itu gua disuruh buat sebuah website, terus Ibu Febriani yang baik hati ini minta penjelasan penerapan IMK yang digunakan pada website yang gua buat dan gua jawab dengan lumayan lancar.

                Proses sidang yang gua jalani ini berjalan kira-kira 30 menit. Abis itu gua disuruh keluar. Dan selama nunggu hasil ujian sidangnya itu keluar, perasaan gua gak tenang banget. Karena banyak pertanyaan yang gak bisa kejawab dan juga banyak waktu yang kebuang karena gua pake ngelamun buat nyari jawaban.

                Hasil sidang keluar kira-kira jam 2 siang, mahasiswa-mahasiswa disuruh nunggu dilantai 1 gedung untuk selanjutnya dipanggil satu-satu buat masuk kedalam ruangan yang ada dilantai 2 terus dibarisin satu-satu. Nah disinilah hati gua gak tenang lagi aja nunggu hasil sidang keluar, namun setelah hasilnya keluar gua seneng banget karena gua berhasil LULUS sidang.

                Mungkin itu aja yang bisa gua share buat temen-temen seperjuang di kampus kita tercinta Gunadarma, masukan dari gua sih kuasai materi dengan baik karena kita gak pernah tau apa pertanyaan yang bakalan dosen penguji kasih ke kita & jangan juga teralu terpaku sama pertanyaan yang gua share diatas, karena belum tentu juga itu yang bakalan di tanyain sama dosen penguji. Jadi sekali lagi usahain kuasai materi sebaik mungkin.

                Oh ia, terima kasih gua juga gua ucapin buat temen gua Yogi Adityo yang udah rela bangun pagi-pagi cuma buat nganterin gua sama Afi ke kampus gunadarma gedung A yang ada di Kenari. Jasa lo gak bakalan gua lupain masbro.

7 comments

aviscena-ary.blogspot.com 8 September 2012 23.27

nicee story om ganteng..cerita lah besok.

Firdan 9 September 2012 11.52

sip... besok gua juga ke kampus drong :)

yoghduthglory 12 September 2012 19.05

hahaaa... lengkap bgt ini cerita brew ??
tgl gw nih tgl 15 ,, mohon doanya dn supportnya .
gw takut busuk aja ini.hahaha

Firdan 12 September 2012 20.40

sippp... semangat kawan...!!!!

unyiL's blog 13 April 2013 16.21

Astagfirullah jd deg2gan bgt -__- , tp makasii ya udah share pengalamannya kak ..

unyiL's blog 13 April 2013 16.27

Astagfirullah jd deg2gan bgt -__- ,, makasii udah share pengalamannya kak .

rasti tis 2 September 2013 19.28

kalo boleh tau materinya dapet darimana ya?

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.