Rabu

Mengenal Direktori / Folder-Folder yang ada didalam Linux.


Kali ini kita kembali ke Linux, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai folder-folder yang ada didalam Linux khususnya Linux Ubuntu.

Mungkin bagi sebagian user yang baru menggunakan Linux akan merasa kebingungan ketika melihat folder-folder yang ada didalam sistem Linux, maka dari itu saya akan mencoba membahas kegunaan dari masing-masing folder tersebut ok.

/ = ini merupakan folder atau direktori tertinggi yang ada didalam Linux, karena didalam folder / ini terdapat direktori-direktori yang lain seperti /mnt, /home, /usr dan direktori-direktori lainnya.

/bin = ini merupakan direktori yang berisi perintah-perintah yang digunakan oleh user biasa yang menggunakan sistem, dalam direktori ini terdapat perintah-perintah seperti cd (memanggil direktori), ls (menampilkan isi direktori)

/sbin = Sebelumnya jika pada direktori /bin merupakan direktori yang digunakan oleh user biasa, maka direktori sbin ini digunakan oleh super user, didalam direktori /sbin ini berisi perintah-perintah yang bisa digunakan oleh super user seperti ifconfig (menampilkan perangkat keras jaringan), iwconfig, iwlist dan sebagainya.

/opt = Direktori /opt (optional) merupakan sebuah direktori yang dapat digunakan oleh semua user, baik itu super user maupun user biasa.

/home = Merupakan sebuah direktori yang digunakan sebagai tempat disimpannya data-data dari user yang terdaftar dalam suatu komputer.

/root = Jika sebelumnya direktori /home digunakan sebagai penyimpanan data user biasa, maka direktoi /root ini merupakan direktori yang digunakan sebagai penyimpanan data bagi super user (home untuk super user).

/tmp = Merupakan sebuah direktori yang dapat digunakan sebagai ruang sementara dalam melakukan suatu pekerjaan (temporer). Contohnya ketika melakukan proses burning cd dari file .iso, maka secara default file-file iso tersebut disimpan kedalam folder /tmp sebelum di burn ke cd.

/etc = Merupakan direktori tempat dimana file-file konfigurasi berbagai macam service dan program yang terinstall didalam sistem.

/var = Merupakan sebuah direktori yang berisi bermacam – macam data (vary). Karena perubahan data yang terjadi didalam sistem sangat cepat dan juga data seperti itu hanya berada dalam waktu yang singkat dan selalu berubah-ubah maka data yang bersangkutan disimpan didalam direktori /var.

/boot = merupakan folder yang behubungan dengan service-service dan juga perangkat-perangkat yang berkaitan dengan sistem pada saat melakukan proses booting.

/mnt = Direktori yang digunakan untuk menyimpan informasi dari berbagai perangkat keras yang terpasang (mount) di komputer.

0 comments

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free