Kamis

Mengapa Menggunakan Linux?


Linux merupakan suatu sistem operasi yang opensource yang artinya sistem operasi tersebut merupakan sistem operasi yang gratis dan kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk menggunakan Linux.

Linux sendiri memiliki berbagai macam distributor atau yang biasa disebut juga dengan distro, distro-distro tersebut contohnya adalah Ubuntu, Kubuntu, Edubuntu, Mint dan sebagainya.

Saya sendiri baru menggunakan linux semenjak duduk di semester 4, itu juga karena dicekokin sama temen-temen saya yang sebelumnya sudah menggunakan Linux. Dan pada waktu itu distro Linux yang pertama kali saya gunakan adalah Ubuntu.

Sempet pusing juga sih waktu pertama kali menggunakan Linux, karena saya belum terlalu mengerti bagaimana cara menggunakan sistem operasi Linux tersebut, namun setelah beberapa minggu saya PDKT-an sama si pinguin ini saya mulai terbiasa dengan perintah-perintahnya dan juga mulai familier dengan sistem operasi ini.


Sekarang masuk ke pokok permasalah, yaitu mengapa saya menggunakan Linux? Saya menggunakan Linux karena sistem operasi ini opensource dan tidak berbayar sama sekali, saya juga bisa melakukan beberapa perubahan pada sistemnya sehingga sistem tersebut bisa menjadi seperti apa yang saya inginkan dan juga untuk mendapatkannya pun saya hanya tinggal mendownloadnya secara langsung melalui website dari distro linux yang ingin digunakan.

Selain gratis dan juga opensource, sistem operasi linux ini juga kebal akan virus, jadi tidak ada satupun virus yang bisa menjangkit sistem operasi linux ini dan saya bisa merasa aman untuk tidak menginstal anti virus :).

Dengan menggunakan linux ini kita juga bisa mendapatkan banyak kenalan baru, mengapa kita bisa membuat banyak pertemanan baru? Karena linux ini memiliki banyak forum di internet yang dapat digunakan untuk saling berbagi informasi mengenai distro yang digunakan, jadi para pengguna linux bisa saling sharing informasi mengenai Linux dan otomatis pertemanan saya menjadi semakin luas dengan para pengguna Linux lainnya.

Selain itu kebanyakan aplikasi yang berjalan dilinux itu merupakan aplikasi yang freeware alias gratisan juga, seperti misalnya openOffice dan juga LibreOffice yang merupakan aplikasi untuk pengolah kata dan perkantoran, gimp untuk mengolah gambar, brasero untuk burning CD/DVD, banshee atau amarok untuk memutar lagu dan sebagainya. Dan semua aplikasi tersebut bisa didapat dengan gratis, sangat mengirit pengeluaran bukan :).

Itulah beberapa alasan saya menggunakan Linux, mungkin sebagian orang masih agak takut untuk mencoba sistem operasi yang satu ini, mungkin hal itu karena mereka menganggap bahwa Linux merupakan sesuatu yang rumit, dan mereka sudah cukup senang dan termudahkan dengan sistem operasi yang telah lama mereka gunakan dan rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli lisensi dari sistem operasi yang non linux gunakan tersebut.

Namun seandainya mereka yang belum pernah menggunakan Linux mau untuk PDKT dengan sistem operasi yang satu ini dan mereka juga mau menggunakan lebih dari 2% dari kemampuan otak mereka untuk belajar (karena konon katanya orang yang jenius saja baru menggunakan 6% dari kapasitas otaknya) maka mereka pasti akan tergila-gila dengan Linux.

Keep rockin dan salam Opensource dan semoga tulisan yang sangat singkat ini bisa menjadi penyemangat bagi orang-orang yang ingin menggunakan linux :).

0 comments

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free