Selasa

Membuat Jaringan LAN Secara Virtual Dengan VirtualBox Bagian 2.


Sekarang kita jalankan Windows XP yang telah terinstall di VirtualBox.

Masuk ke Control Panel – Network Connections maka akan keluar windows seperti gambar dibawah ini :


Klik kanan Ethernet tersebut lalu pilih properties, maka akan tampil windows seperti berikut :



Pilih Internet Protocol (TCP/IP) lalu klik tombol Properties, akan keluar windows untuk memasukan Ip Address dan juga Subnet Mask, masukan nilai IP 192.168.0.2 dan Subnet Mask 255.255.255.0. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :



Selanjutnya kita rubah Workgroup dan juga Computer Name pada Windows XP dengan cara, masuk Control Panel – System maka akan keluar windows seperti berikut ini :



Rubah Computer Description sesuka hati anda, tapi gak diisi juga gapapa sih. Lalu untuk merubah Computer Name dan juga Workgroup klik tombol change, maka akan keluar windows seperti gambar berikut ini :



Rubah Computer Name sesuka hati anda namun pastikan namanya berbeda dengan yang telah kita setting di Windows 7, selanjutnya rubah nama Workgroup, nah kalo nama Workgroup ini harus sama dengan yang kita buat di Windows 7. Selanjutnya klik tombol Ok.

Settingan telah selesai, sekarang kita akan mencoba untuk melakukan Ping dari Guest yaitu Windows XP ke Host atau server yaitu Windows 7.

Buka Command Prompt dengan cara tekan tombol Windows + R, lalu ketikan cmd. Atau anda bisa menemukannya melalui Start – All Programs – Accessories – Command Prompt. Maka akan keluar Command Prompt seperti berikut ini :


Lalu ketikan ping 192.168.0.1 pada Command Prompt tersebut, karena kita akan mengecek apakah Windows XP sudah terhubung dengan Windows 7. Maka jika sukses hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :


Ok kita telah berhasil membuat sebuah jaringan LAN (Local Area Network) secara virtual, jadi kalo ada yang mau belajar membuat sebuah aplikasi Client-server tidak harus susah-susah untuk membeli sebuah komputer baru, cukup dengan menggunakan cara diatas maka kita telah memiliki sebuah komputer virtual yang dapat digunakan sebagai client dari aplikasi Client-Server yang dibuat.


6 comments

Satyapradana 4 Agustus 2012 pukul 09.27

gantengs om tutorialnya. saya berhasil nii ngikutin petunjuk disini. thanks ya

Firdan 5 Agustus 2012 pukul 06.10

sip gan :)

Anonim

om saya install vbox dikantor terus isi ip ngikutin ip kantor kalo pc saya 192.168.3.147 terus di vbox 192.168.3.151, yang di vbox konek tapi ga bisa konek ke internetnya kenapa ya?
terus saya ping ke gatewaynya 192.168.3.1 requst time out, mohon pencerahannya

Firdan 6 Desember 2012 pukul 17.23

keblok sama firewall kali gan, coba firewallnya dimatiin dulu. kalo gak mungkin ip address yang ada vbox gak terdaftar di server.

Anonim

sebelumnya saya pake vmware 5.3 masukin ip yang sama langsung bisa kok om, ni kenapa ya di vbox ga bisa, atau ada settingan lagi?

ni kompi baru saya install ulang fresh...

Firdan 7 Desember 2012 pukul 20.43

gak ada setingan apa2 lagi kok gan,cuma itu doank.

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free