Kamis

Belajar VB.net Bagian 13 : MessageBox

Setelah pada beberapa tutorial belajar visual basic.net kita sudah sering menggunakan messageBox, namun messageBox yang kita gunakan itu masih amat sangat standar. Jadi sekarang kita akan membahas mengenai MessageBox lebih jauh lagi.


Sekarang langsung aja buat sebuah project visual basic.net yang baru dan kasih nama aja tut12. Kalo udah tambahin satu buah button, di bagian properties terserah text sama namenya mau dikasih nama apa. Kalo udah sekarang klik 2 kali button tersebut terus ketik code program seperti berikut ini :

Public Class Form1

    Private Sub btnOk_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles btnOk.Click
        If MessageBox.Show("Hallo Firdan", "Hallo", MessageBoxButtons.YesNo, MessageBoxIcon.Information) = Windows.Forms.DialogResult.Yes Then
            MessageBox.Show("Kamu memilih tombol Yes")
        Else
            MessageBox.Show("kamu memilih No")

        End If
    End Sub
End Class

Jadi intinya pada saat button di klik nanti akan keluar sebuah messageBox yang berjudul “Hallo” terus memiliki pesan “Hallo Firdan”, di messageBox tersebut juga ada button Yes dan No, dan kalo kita menekan tombol Yes maka akan keluar messageBox lainnya yang berisi pesan “Kamu memilih tombol yes” dan kalo user menekan No juga akan keluar messagebox lainnya yang berisi “Kamu memilih No”.

Di messageBox tersebut juga memiliki sebuah icon, icon disini saya menggunakan icon Information, kalo icon sih bisa disesuaikan dengan kebutuhan mau pake apa, misalnya Question, Error, Stop ataupun lain sebagainya.

Sekarang jalanin aplikasinya, klik tombolnya terus kalo udah keluar messageBox yang pertama, tampilannya seperti pada gambar berikut ini :


klik lagi tombol Yes. Maka nanti baru keliatan hasilnya seperti pada gambar berikut ini :



Ok semoga aja tutorial ini berguna dan bermanfaat bagi yang menggunakannya ya, selamat belajar dan sampai jumpa pada tutorial belajar Visual Basic.net selanjutnya.

1 comments

Unknown 4 Oktober 2014 pukul 17.44

Materi nya keren-keren Gan ... :D
semangat terus Nulis nya .. :D
Thanks buat Ilmu nya .. :D

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free