Rabu

Melakukan Repeat Image Pada Background Android.


Wah udah lama juga nih gak ngebahas android programming, ok sekarang kita langsung aja ke pokok masalah yaitu bagaimana cara melakukan repeat image yang nantinya akan digunakan sebagai background di aplikasi android yang kita buat.

Disini saya menggunakan gambar berikut sebagai contoh :

Download saja gambar tersebut agar mudah dalam melakuan tutorial ini.

Selanjutnya langsung saja kita buat sebuah project android baru, terserah anda mau menamai project tersebut dengan apa.


Buat sebuah folder baru dengan nama drawable didalam folder res, lalu copy file gambar bg.png tersebut kedalamnya. Lalu buat juga sebuah file xml baru didalam folder drawable yang tadi dibuat tersebut, beri nama background.xml. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat strukturnya pada gambar dibawah ini :


Selanjutnya buka file background.xml lalu ketikan coding seperti berikut ini :



Lalu langkah berikutnya tinggal masukan file background.xml tersebut sebagai background di file main.xml dengan perintah seperti berikut :



Ok selanjutnya jalankan aplikasi tersebut melalui emulator, berikut ini adalah screenshootnya :


Selamat mencoba :).
Bagi yang mau source code nya silahkan download disini.

4 comments

Anonim

misi gan...!!
ane mw nanya,apa bedanya google api dan android gan?
truz klo mw mulai ngoding bagusan pake google api ato android ??
ane baru blajar gan maap klo kata2 ane ada yg kurang sopan.....

Firdan 22 Juni 2012 pukul 03.04

google api itu dipake kalo kita mau develop aplikasi yang ngebutuhin google api gan, contohnya kalo kita ngambil map dari google map. Kalo mau buat aplikasi yang gak ngebutuhin google api sih pake yg android juga gapapa.

Anonim

gan kalo buat nampilin video diandroid via raw ente punya ndak???

Firdan 23 Juni 2012 pukul 17.17

ane belom pernah nyoba gan, nanti kalo bisa saya post deh.

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free