Kamis

Jangan Pernah Kenalin Ipad / Tab Ke Balita.

Sekarang jaman sudah semakin maju, gadget-gadget seperti tab atau ipad juga sudah bisa didapatkan Cuma dengan modal kira-kira 3 jutaan, atau mungkin kalo mau menggunakan tab dari china harganya bisa lebih murah lagi. Jadi sekarang udah gak aneh lagi kalo lagi jalan-jalan kita sering ngeliat orang-orang bawa gadget canggih.

Kemarin pas lagi makan di salah satu mall saya ngeliat seorang ibu sama anaknya datang juga ditempat saya makan, terus pas baru banget duduk si ibu langsung ngeluarin ipad dari tasnya dan dikasih ke anaknya yang masih balita. Udah deh anteng tuh anak maenin ipadnya dan si ibu mesen makanan. Udah mesen makanan si ibu ngeluarin smartphone nya dan terus asik aja sama smartphonenya tersebut, gak ada komunikasi sama sekali antara si ibu sama anaknya tersebut.

Lucu juga sih ngeliat kejadian kaya gitu dan kejadian kaya gitu tuh bukan sekali atau duakali saya liat, tapi udah sering banget. Kalo udah kaya gitukan kasian sama si anaknya, padahal usia-usia segitu lagi bagus-bagusnya buat belajar hal-hal baru. Memang sih dari ipad juga balita bisa dapetin banyak ilmu, bahkan ada seorang balita yang bisa apal nama-nama presiden amerika dari pertama sampe akhir Cuma gara-gara sering make aplikasi yang ada di ipad. Tapi gimana kalo tuh balita jadi ketergantungan sama ipadnya?

Saya sendiri punya sepupu yang masih balita, dan sepupu saya itu udah kecanduan banget sama ipadnya, sebelum tidur pasti maen ipad dulu dan pas baru bangun pasti yang pertama dicari bukan ayah atau ibunya tapi Ipad! Miris kan kalo sampe balita udah kecanduan ipad kaya begitu.

Kalo jaman dulu waktu saya masih kecil, saya masih sering maen kucing-kucingan kaya petak umpet dan sejenisnya, tapi sekarang kayanya udah jarang banget kita liat anak kecil main permainan tradisional kaya begitu. Malah sekarang saya sering liat anak-anak kecil yang ada di sekitar kosan tempat saya tinggal udah jarang yang main sepeda-sepedaan tapi malah motor-motoran. Hahaha bener-bener motor-motoran, jadi tuh anak-anak pada naik motor Cuma buat ngelilingin daerah di sekitar kosan saya.

Kembali ke Ipad atau tab, mungkin ada pengaruh positifnya juga memperkenalkan gadget tersebut ke balita seperti misalnya menggunakan aplikasi untuk belajar mengenal warna atau huruf dan aplikasi-aplikasi lainnya yang bersifat edukatif, cuma ya usahakan jangan sampe si anak kecanduan. Karena komunikasi langsung antara si anak dengan sekitarnya itu jauh lebih bagus daripada autis di depan ipad atau tab.

0 comments

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free