Sabtu

Melakukan Partisi Microsd Untuk Android


Sebelum melakukan partisi untuk microsd pastikan handphone android anda dalam kondisi mati dan cabut microsd, karena pengalaman saya jika handphone dalam kondisi menyala dan kita telah selesai melakukan partisi pada microsd lalu microsd tersebut dimasukan kedalam handphone android yang masih menyala biasa akan rusak atau keluar informasi “Microsd Damage”. Kalo sampe keluar informasi seperti itu lakukan format microsd melalui handphone. Makanya saya saranin supaya handphone dalam kondisi mati, ok.

Namun saya tidak bertanggung jawab jika microsd yang agan gunakan benar-benar menjadi rusak karena mengikuti tutorial ini, jadi Do With Your Own Risk bro.

Sebelum mulai, download dulu mini partition disini.

-Cabut microsd dari HP.

-Hubungkan microsd tersebut melalui cardreader, ingat harus melalui cardreader karena kalo langsung lewat HP, microsd agan bisa rusak atau gak terdeteksi.

-Backup semua data-data yang ada didalam microsd ke komputer, karena data-data akan terhapus saat kita melalukan partisi.

Lalu ikuti video tutorial yang saya buat dibawah ini ya (bukannya sok-sokan atau apalah, saya cuma lagi males bikin screen shoot makanya lewat video aja biar lebih jelas tutorialnya).


5 comments

Anonim

wkkwk
payah nih kakaknya bagja males kasih gambar cuma video :p

Rian

Gan, kalau menggunakan partisi micro sd ini apakah harus mengunakan custom rom, atau bisa mengunakan rom bawan HP?
Saya mengunakan samsung galaxy Ace gingerbread 2.3.6
mohon pencerahannya

Firdan 20 April 2012 pukul 02.23

kalau ingin menggunakan rom bawaan, kita harus melakukan proses rooting terlebih dahulu dan juga instal script-script untuk darktremor dan juga a2sdgui agar aplikasi bisa diinstall di microsd dan juga swap dapat berjalan.

Kalo menggunakan custom rom, biasanya custom rom tersebut sudah di tweaking, jadi kita gk perlu repot-repot install darktremor dan a2sdgui.

Unknown 12 Juli 2012 pukul 22.08

klo meliahat data di dlam memori yg dipartisi gmna ....thanks

Firdan 13 Juli 2012 pukul 05.45

maksudnya data yang ekstensinya ext? klo itu harus pake linux gan, baru bisa keliatan. data-data didalamnya cuma data aplikasi yang ktia install ke micro sd tersebut.

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free